Langsung ke konten utama

Golden Ways (Biar Dongkol tapi Tetap Sabar)

Rabu kemarin sebelum les atau sebelum ke daerah Menteng, saya sempatkan ke Rawamangun. Ngapain ke Rawamangun? Belanja di Arion apa mau nongkrong di Sevel? Yakali sempet belanja sama nongkrong, wong saya mau les. Berangkat dari rumah aja pukul 5.30 sore, mulai les jam 6.30 malam. Rumah dimana? Rumah di Pondok Gede. Terus emang ke Rawamangun tuh ngapain sih? Itu tuh nyari tempat jilid hardcover murah, katanya di Rawamangun tuh gudangnya penjilidan murah.

Busettt jauh-jauh banget kesana??? Yaiyalah mau jilid dekat rumah kemarin ditipu, mosok iya jilid softcover buat laporan PKL aja perbuku 25 ribu (untung cuma 2 buku). Gara-gara kapok, cari pelarian yang jauhhhh... banget dari rumah, belum macet kesananya.

Setelah kapok jilid laporan PKL di dekat rumah mahal, untuk penjilidan berikutnya, yaitu jilid laporan karya akhir buat sidang Yudisium akhirnya saya lari ke Rawamangun buat jilid softcover. Setelah sampai tempatnya (gambling tempatnya habis bingung banyak banget), langsung saya tanya harga softcover berapa (maklum masih trauma yang dekat rumah), terus abangnya nyebutin harganya. Dengar abangnya nyebut harganya, saya kaget!!! Weleh, harganya fantastiss... tiss... tiss! Beda jauh dengan di dekat rumah. Jauh lebih murah pastinyaa, tapi jauh juga dari rumah tercinta.

Murahnya berapa tuh? Kok dari tadi kamu nggak nyebutin? Oiya, saking girangnya lupa nyebutin harganya, jilid softcover kamu cukup ngerogoh kocek seharga beli sate padang aja (sate padang yang di jalan bukan yang di mall). Hayoo... tebak berapa harganya??? Cukup 15 ribu saja. Bedanya jauh kan? Dari 25 ribu ke 15 ribu. Itu cerita lalu sedikit flashback curhatnya ya.

Kembali ke cerita tadi, sebelum les saya sempatkan ke Rawamangun, karena saya mau jilid lagi. Tapi kali ini jilid hardcover (udah lulus + kelar revisiannya nih). Sampai tempat yang tempo lalu saya softcover itu, sekitaran pas magrib (mana macet banget pas berangkat dari rumah kesini). Disini yang ngelayanin abang-abang gitu deh agak centil once-once gimana tampangnya. Nah, disitu saya tanya dulu harga hardcover berapa, terus doi jawabnya harganya 25 ribu.

"Widih... kagak salah tuh bang harganya segitu? Yaela bang... sama aja dong kayak deket rumah saya segituan??? Terus ngapain saya jauh-jauh kemari kalau harganya sama???", Celetuk saya dengan logat betawi.

Abangnya cuma cengas-cenges doang dengan mukanya yang rada once. Terus saya tawar 20 ribu sambil terus melontarkan celetukan-celetukan maut, dan pada akhirnya dikasih juga harga yang ditawar. Kelar ngomongin kejelasan hubungan ini... eh kejelasan harga maksudnya (maklum udah lama jomblo).

Lalu saya jelasin mekanisme atau deskripsi hardcover yang diinginkan. Mulai dari warna cover-nya yang harus merah bata atau merah marun dan tulisan di cover-nya saya minta warna silver. Nah abangnya agak bingung sama warna silver, alhasil doi ngambil sample kertas bahan baku buat bikin tulisan di cover-nya dan kasih unjuk ke saya.

"Ini warna silver apa bukan sih?", tanyanya ke saya sambil nunjuk sample-nya dengan muka bingung. 

"Iya bang itu warna silver bener. Oh iya bang, saya jilid 3 kan ya jadinya besok ya bang? Besok sore saya ambil", jelas saya.

"Iya bisa neng besok diambil. Ngomong-ngomong bayarnya mau DP dulu apa besok aja?", tanya si abang lagi. 

"Sekarang aja deh bang bayarnya, berapa semuanya?", kata saya.

"Harga jilid hardcover 3 buku 60 ribu terus tambah 6 lembar kertas pembatas jadi total semua 61 ribu neng", sautnya.

Oke saya bayar saat itu juga, lalu masalah mekanisme dan embel-embelnya udah beres saya rasa. Cukup jelas kemauan saya terhadap hardcover tanda kelulusan saya ini harus diapakan aja dan saya udah bayar lunas. Habis itu saya langsung berangkat ke tempat les.

Besoknya
Ingat masih punya anak 3, ehmm... maksudnya punya kewajiban 3 buku hardcover yang harus diambil di Rawamangun... hehe. Kemarin saya janji sama abangnya bakal ambilnya sore. Tapi berhubung orang Indonesia itu jam karet yang jarang tepat sama omongannya, maka saya berangkatnya abis magrib dari rumah. 

Alhasil... lumayan macet kesananya walaupun nggak semacet kemarin. Setelah macet-macetan sampe sana pukul 19.00, terus nggak banyak basa-basi turun dari motor langsung nyamperin abangnya, nagih 3 jilidan saya. Terus abangnya ngambilin deh tuh jilidannya.

"Jeng...Jeng!!!" Dan akhirnya saya kaget!!! Kaget kenapa??? Kaget karena tulisannya emas!!! Kemarin perasaan saya udah bilang sama abangnya kalau saya maunya silver, tapi kenapa dijadiinnya emas??? Aihhmatieee... saya kan disuruh dari kampusnya warna silver! Dengan muka datar dan suara parau lembut-lembut gimana gitu, saya protes sama abangnya kalau saya kemarin ngomongnya minta tulisan di cover-nya warnanya silver, kok mendadak jadi emas gitu hasilnya. 
Si Unyu (Peliharaan saya)

Yang biasanya saya selalu nerimo, pasrah dan malas buat balik lagi, akhirnya saya bertahan supaya abangnya tanggung jawab, tapi protesnya nggak frontal dan nggak marah-marah bakar ban gitu, malahan pakai senyum kecil (walaupun gedek, kesel dalam hati).  

Saya protes begitu, abangnya masang muka memelas kebingungan (kaya si unyu peliharaan saya kalau lagi ngantuk), mungkin pasang muka gitu buat tameng kali supaya saya terima aja. 

Eitsss... kali ini nggak bisa, saya nggak bakal kasihan sama orang lain lagi, karena saya harus kasihanin diri sendiri yang macet-macetan, udah bayar lunas dan lagi sakit pula sampai suara parau ilang-ilangan udah kaya orang bisu. Apalagi saya udah dibilangin sama sekjur kalau hardcover tugas akhir harus silver, yakali saya bawa yang emas yang tadi. Disangka sekjurnya nanti saya bolot dan oon lagi, mosok udah sarjana strata satu nggak ngerti hal sepele gitu doang???!

Abangnya ngeles aja dipasang warna emas, karena warna kemarin silvernya nggak cukup buat 3 buku, cuma cukup buat setengah buku. Lah piye??? Terus kalau nggak cukup kenapa asal dijilidin aja??? Nggak nanya dulu kek, atau bilang kek dari kemarin kalau silvernya nggak cukup, kalau gitu kan saya bisa cari tempat lain yang punya silver memadai. 

Setelah beragumentasi dengan abangnya dan abangnya sempat bertanya ke pegawai yang lain atau mungkin ada atasannya disitu (dan saya masih terus berdiri nggak mau pergi dari situ ngebawa hardcover-an yang salah), doi balik nyamperin saya lagi dan bilang, "Yaudah saya ganti silver semua, berarti saya rombak ulang semua. Ambilnya bisa besok pagi". 

Oke setelah dengar abangnya bilang gitu, lumayan tuh agak tenang, tapi tetap aja besok saya balik lagi ngambil buku itu (sabar...sabar aim harus sabar).

~END

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Penyuka Warna Biru

Hai .... hai yang penyuka warna biru, mana suaranya??? Tau nggak sih, orang yang menyukai warna biru ini cenderung kelihatan lembut, kaku dan tertutup.  Namun, semua tergantung mood- nya. Untuk hal kecil aja kadang bisa terharu lho, maklum hatinya mudah tersentuh. Selain itu, menurut psikologi warna, warna biru biasanya dapat dipercaya dan profesional. Makanya nggak heran kalau bank-bank banyak yang menggunakan warna biru pada logonya. Mau tau lagi karakter tentang si biru? Nih, saya justin beberkan karakter si biru: Sabar Lebih sering memendam jika perasaan dan hatinya dilukai dan mereka lebih memilih disakiti daripada menyakiti. Jika ada masalah sangat hati-hati dan tidak ceroboh dalam menyelesaikanya. Dalam pergaulan sangatlah sopan tidak terlalu mencolok dalam bersikap tidaklah ekstrim dan menghindari kalimat yang sinis, tajam atau kasar. Ia ingin berdamai dengan dunia dan seluruh makhluk yang ada di bumi (Ini jangkauan besarnya). Jangkauan kecilnya, ia

Liburan Hemat Keliling Yogyakarta

Ini adalah pengalaman saya pergi bareng dengan saudari saya, Wulan untuk pertama kalinya. Menyempatkan travel atau refreshing otak menjelang akhir tahun 2017 lalu. Liburan kali ini jadinya ke Yogyakarta dengan menaiki kereta api. Sebelum memutuskan tujuan liburan, kami berdebat panjang. Saya ingin ke Banyuwangi , tapi Wulan ingin ke Semarang. Alih-alih tidak ingin terus bersebrangan pendapat, akhirnya kami menemukan titik tengahnya, yaitu Yogyakarta. Mengapa Yogyakarta dipilih menjadi destinasi kami kali ini? Karena kami menganggap kota ini cukup bersahabat untuk kesehatan kantong kami...hehe. Saat berangkat, saya hampir ketinggalan kereta karena bangunnya kesiangan. Ada perasaan takut tiketnya nggak kepake (buang-buang duit dong?). Eh, tapi untungnya saya sampai 10 menit sebelum kereta itu berangkat. Syukurlah masih bisa kekejar dan jadilah kami berangkat naik kereta ekonomi Gajah Wong. Posisi duduk kami di kereta, yaitu berhadapan dengan penumpang lain, kaki susah dijulurkan den

Kisah Singkat [Kissing] Belajar Bahasa Rusia di PKR

Russian Center for Science and Culture Ketertarikan saya pada Rusia diawali dengan perginya saya ke kota Vladivostok, yang berada di pinggiran Rusia dan berdekatan dengan Korea Selatan. Setelah belajar huruf 'cyrilic' secara otodidak, kemudian saya mencari informasi tentang belajar bahasa Rusia lalu langsung mendaftarkan diri di Pusat Kebudayaan Rusia (PKR) yang terletak di Jl. Diponegoro No.12, Menteng tersebut. Bisanya saya belajar bahasa Rusia, padahal bahasa Inggris saja masih berantakan dan cenderung lebih ke pasif. Tapi ya mungkin memang sudah takdirnya saya harus mengenal bahasa Rusia dibanding bahasa-bahasa lainnya yang sudah terkenal dan digemari orang Indonesia kebanyakan, seperti bahasa Jepang, Perancis, Mandarin, dll. Mengambil keputusan untuk belajar bahasa Rusia seperti mengenang kembali kejayaan Soekarno pada masa itu, dimana Presiden pertama Indonesia itu bersahabat dengan petinggi Uni Soviet Nikita Krushchev sehingga berdirilah sebuah mesjid biru yang te