Langsung ke konten utama

Apakah Ada Manusia yang Murni Idealis?

Berhijab tapi pacaran? Hmm... sebenarnya dari agama sih berhijab atau nggak emang dilarang buat pacaran. Namun, tampaknya hampir semua orang mempunyai idealisme yang menyimpang dari isi pedoman agamanya. Entah mereka itu idealis atau realis, atau bisa juga seimbang antara realis dan idealis.

Dari tadi bahas idealisme dan realisme, apa sih maksud dari kedua kata itu?
Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu individu yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Sedangkan, realisme berarti sikap atau pola pikir yang mengikuti arus perkembangan di sekitarnya.


Kamu tipe yang mana?


Ngomong-ngomong, kenapa tiba-tiba bahas idealisme dan realisme? Udah gitu bikin contoh pada awal tulisannya tentang hijab. Eh, terus mana bawa-bawa agama pula. Pada dasarnya nggak ada maksud apa-apa sih, hanya ingin beri contoh demikian. Jujur saya memang belum sepenuhnya berpegang erat pada pedoman agama saya sendiri.

Masih banyak perintahnya yang saya "tawar", walau sebenarnya saya tahu itu baik dan wajib dilakukan oleh wanita yang beragama. Ada saja perintahnya yang masih dilanggar, seperti tidak menutup aurat, bersalaman atau berdekatan dengan yang bukan muhrim, mendengarkan musik yang mendorong perilaku manusia menjadi liar, dan masih banyak hal lainnya yang saya tawar.

Arti kata tawar di sini bagi saya adalah mengakui ajaran itu benar, tapi mengondisikan pada diri sendiri untuk menerapkannya pada hari di mana sadar itu akan datang (Ya, walau kesadaran itu harusnya dijemput bukan ditunggu). 

Sedikit cerita, waktu saya lagi suatu pusat perbelanjaan tiba-tiba ada sepasang kekasih yang sedang menuruni eskalator. Pasangan itu mesra sekali, yang cowok dengan asyiknya memeluk pinggang ceweknya yang berhijab. Bukan su'udzon atau apa, tapi kalau dilihat mereka bukanlah pasangan suami-istri (mungkin pacaran) karena usia mereka terlihat masih muda. Nah, melihat pemandangan ini, kadang saya merasa risih! Bukan karena saya iri atau apa, tapi saya sangat menyayangkan hijabnya. Memakai hijab berarti sudah melangkah maju menuju hijrah. 

Mengapa hijrahnya harus diselingi pacaran? Maaf saya mengkritik mbak, padahal saya belum pantas untuk mengkritik karena saya masih beberapa langkah di belakang mbak yang lagi hijrah. Tapi, saya tergelitik untuk mencurahkannya rasa ini. Hijab sekarang ini lebih mengarah ke agama Islam, walau sebenarnya para biarawati juga memakai penutup kepala seperti hijab. 

Hijab seakan menjadi simbol untuk wanita muslim. Nah, jika agama lain melihat hal demikian, tentunya mereka akan berpikir "Oh... ternyata wanita muslim boleh melakukan pacaran ya. Oh.. wanita muslim boleh mengumpat", dan sebagainya. Saran saya, sebaiknya jaga sikap dimanapun berada, karena kalian mengenakan simbol agama (tapi, bukan berarti saya menghalalkan yang tidak mengenakan simbol agama bebas berbuat apa saja lho...).

Jika wanita yang berhijab sudah melakukan pacaran, ini artinya ia melanggar pedomannya atau menawar ajaran yang sudah ada di kitabnya. Zaman sekarang, hal demikian dianggap lumrah sih. Padahal jika dilihat dari satu sisi, jelas dia mengingkari pedomannya dan membuat gerakan baru (idealis). Lalu, sisi lainnya bisa disebut realis juga, karena mereka cenderung mengikuti perkembangan zaman dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Semakin sulit ya, kita menggolongkan diri sendiri ini cenderung idealis atau realis?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Penyuka Warna Biru

Hai .... hai yang penyuka warna biru, mana suaranya??? Tau nggak sih, orang yang menyukai warna biru ini cenderung kelihatan lembut, kaku dan tertutup.  Namun, semua tergantung mood- nya. Untuk hal kecil aja kadang bisa terharu lho, maklum hatinya mudah tersentuh. Selain itu, menurut psikologi warna, warna biru biasanya dapat dipercaya dan profesional. Makanya nggak heran kalau bank-bank banyak yang menggunakan warna biru pada logonya. Mau tau lagi karakter tentang si biru? Nih, saya justin beberkan karakter si biru: Sabar Lebih sering memendam jika perasaan dan hatinya dilukai dan mereka lebih memilih disakiti daripada menyakiti. Jika ada masalah sangat hati-hati dan tidak ceroboh dalam menyelesaikanya. Dalam pergaulan sangatlah sopan tidak terlalu mencolok dalam bersikap tidaklah ekstrim dan menghindari kalimat yang sinis, tajam atau kasar. Ia ingin berdamai dengan dunia dan seluruh makhluk yang ada di bumi (Ini jangkauan besarnya). Jangkauan kecilnya, ia

Kejahilanku di Masa Lampau

Saya ini orangnya jahil, lho ternyata. Sering banget ngejahilin teman-teman , bahkan pernah sampai nangis. Nangisnya macam-macam ada yang nangis dijorokkin, diceng-cengin sampai yang dikacangin. Kejahilan saya bisa dibilang mulai dari TK. Tapi, yang bisa diinget banget mulai dari  Sd. Ya walaupun pas di TK pernah jorokkin teman saya dari ayunan sampai giginya berdarah. Masa Sd bagi saya adalah masa-masa keemasan dimana saya merasa benar-benar happy, fun and romantic! Eh tapi lagi nggak bahas masalah itu sih, apalagi masalah romantika, yaelah... genit amat anak Sd udah romatis-romantisan.  Back to the topic! Masalah "Ke-ja-hil-an". Di Sd teman saya ada yang takut sama Ondel-ondel, dengar musiknya aja udah merinding disko. Nah, berhubung dia takut sama itu Ondel-ondel, saya jahilin dia pake topeng yang ada di rumah, terus kebetulan ada gendang juga, okelah dibawalah gendang sama topeng. Saya sama teman saya sebut saja si "Nur" nyamperin ke rumah si "Nin

Pacaran (No Test Drive is Better)

Pacaran adalah sesuatu yang umum dan wajar, sewajar kegiatan yang dilakukan setiap orang dalam kehidupan. Setiap kegiatan yang dilakukan, pasti mempunyai tujuan. Adapun tujuan masing-masing orang tentu berbeda. Seperti halnya semua kegiatan, pacaran pun punya tujuan. Hanya orang tolol, bego, dan idiot yang menganggap pacaran adalah sebuah kegiatan yang tanpa tujuan dan hanya sekadar main-main atau iseng belaka.  Pacaran dipandang perlu, sebagai langkah awal untuk saling mengenal. Dengan pacaran seseorang akan memahami siapa dan bagaimana sifat serta watak seseorang, yang kelak kemudian hari mungkin menjadi pasangan hidupnya ( who knows? ). Pacaran juga salah satu ajang, untuk memupuk rasa senang menjadi rasa sayang, serta memupuk saling pengertian. Sehingga kelak keduanya dapat saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan mampu saling melayani tanpa harus diminta atau meminta, diperintah atau memerintah. Pacaran memang bukanlah "garansi" bahwa ses